Menu

Danrem 022/PT Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

15

 

 

Penrem 022/PT.

Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Gabriel Lema, S. Sos memimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang bertempat di Lapangan Upacara Makorem 022/Pantai Timur Jln Asahan Km. 3,5 Kabupaten Simalungun Pematang Siantar, yang diikuti oleh seluruh prajurit Korem 022/PT serta Jajarannya, Kamis (01/06/2017).

 

Dalam pelaksanaan upacara tersebut, Kolonel Inf Gabriel Lema, S. Sos membacakan amanat dari Presiden RI Joko Widodo yang berisikan Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno.  Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.  Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara, sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

 

Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman, takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman, dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman, dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman, berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia, itulah Kebhineka Tunggal Ika-an kita. Namun kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan, kebhinekaan kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinekaan dan keikaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong.

 

Akhir amanat Presiden RI Joko Widodo, beliau mengucapkan jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan diantara kita, mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa, mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan bangsa.

 

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kasrem 022/PT, Para Kasadisjan Jajaran Korem 022/PT, Para Kasi Korem 022/PT, Danyonif 126/KC, Para Perwira beserta seluruh prajurit dan PNS jajaran Korem 022/Pantai Timur.