Menu

Koptu muhaimin melaksanakn membersihkan rumput tanaman padi

7

 

 

Penrem 022/PT.

Koramil 07/PB. Babinsa an. Koptu Muhaimin Pada tanggal 15 Juni 2017 Melaksanakan Hanpangan membersihkan rumput tanaman padi di lahan milik Siahaan bersama kelompok tani Mawar Ds. Citaman Jernih Kecamatan Perbaungan Danramil Kapten Arh J.P Girsang KUPT Siran Sitepu PPL Erva linda Tarigan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai, Jum’at (16/06/2017).

 

Babinsa koramil 07/ PB. ini membantu petani membersihkan Rumput Rumput yang tumbuh di sekitar tanaman padi di sawah Siahaan Salah satu anggota kelompok tani Mawar Ds. Citaman Jernih .Bersama pemilik sawah dan di dampingi Babinsa Desa Citaman Jernih yaitu Koptu Muhaimin, beliau menjelaskan bahwa gulma atau Rumput Rumput yang tumbuh di sekitar tanaman padi adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budi daya padi di sawah.

 

Persaingan gulma atau rumput rumput dengan padi dalam masa pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruh nya terhadap penurunan hasil panen.Menurut nya persaingan antara gulma atau rumput itu sendiri dengan padi sangat mengganggu pertumbuhan padi.Selain itu ada beberapa gulma atau rumput yang dapat di gunakan atau di jadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi sehingga bila di biar kan dan tanpa di kendalikan maka kerugian akan melanda petani.

 

Pengendalian gulma dan rumput rumput sawah pada umumnya sudah di lakukan oleh para Babinsa dan para petani baik dengan penggunaan tenaga tangan manusia dan penyiangan tangan atau dengan peralatan khusus landak atau gasruk ataupun cara kimiawi dengan menggunakan obat herbisida.