Korem 022/PT
Panglima TNI
Menu

Banjir Terjang Kabupaten Labura, Ratusan Rumah Terendam

 

 

Penrem 022/PT.

Ratusan rumah warga di Kelurahan Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, terendam banjir, Rabu 04/10/2017 kemarin. Selain merendam ratusan rumah warga, banjir juga merendam Sekolah Dasar Negeri 116893 sehingga aktifitas belajar mengajar terpaksa diliburkan. Selain itu, banjir juga merendam kantor pemerintahan dan rumah ibadah serta lahan pertanian warga. Akibatnya, aktifitas pun lumpuh total.

 

Menurut anggota Koramil 01 Aek Kanopan yang sedang melakukan evakuasi warga mengatakan, di beberapa lokasi banjir mencapai ketinggian satu hingga satu setengah meter. Sebagian warga sudah mengungsi ketempat yang lebih tinggi. Banjir ini akibat tingginya curah hujan sehingga sungai Aek Kanopan tidak mampu menampung tingginya debit air dan meluber kepemukiman warga. Warga berharap Pemkab Labura segera mendirikan posko pengungsian. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

 

Salah seorang guru SD Negeri Suka­ren­­dah mengata­kan jadwal anak-anak un­tuk mengikuti Ujian Tengah Semester, terpaksa harus ditunda karena se­ko­lahnya terendam air hampir 1 meter. “Kita tidak tahu kapan dapat aktif be­lajar mengajar, kita tunggu airnya surut, kalau hanya sebatas halaman saja yang terendam air masih bisa dilaksanakan proses belajar mengajar, mudah-mu­dahan besok sudah surut,” ujarnya.