Korem 022/PT
Panglima TNI
Menu

Koramil 18/Brd. Barat Melaksanakan Pendampingan Panen Padi

 

 

Penrem 022/PT.

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia beras merupakan makanan pokok sebagai sumber karbohirat penyedia tenaga bagi tubuh. Beras merupakan produk olahan dari biji-bijian bernama Padi, setelah melalui proses panjang pada mesin penggilingan maka, dihasilkan beras. Padi memiliki nama latin Oryza sativamerupakan tanaman penting dalam peradaban manusia. Padi diduga berasal dari India atau Indocina dan dibawa oleh nenek moyang pada saat bermigrasi dari daratan Asia sekitar 1500 SM.

 

Perlu anda ketahui, untuk mendapatkan sebutir beras membutuhkan proses panjang, dari Penyiapan lahan pertanian, Pembibitan padi, Penanaman padi dan proses Memanen, serta terakhir adalah Penggilingan padi menjadi beras. Proses Memanen yang benar sangat berpengaruh terhadap hasil panen padi, karena kesalahan proses memanen bisa berakibat pada berkurangnya hasil padi pada suatu wilayah. Petani di Indonesia pada umumnya masih menggunakan cara-cara tradisonal untuk memanen padi. cara memanen seperti ini sudah diturunkan secara turun-temurun.

 

Seperti yang dilakukan Koramil 18/Brandan Barat. Babinsa Sertu Sugianto melaksanakan kegiatan pendampingan panen padi dilahan Jamin, Luas Lahan 15 Rante dengan jenis padi Inpari 30,  dengan hasil 3,7 ton, kelompok tani Pasir Putih 1, Ka kelompok tani Ilyas, PPL Pertanian Abdul Tholib.S, Ketua PPL Muspa Indra, Lokasi Desa Lubuk Kasih Kecamatan Brandan Barat, Danramil Kapten Arm Jauhari, Jumat (06/10/2017).

 

Kegiatan pendampingan membantu petani melaksanakan panen dilaksanakan dilahan milik Jamin Desa Lubuk Kasih Kecamatan Brandan Barat dari kelompok tani Pasir Putih 1 dengan mendapatkan hasil panen padi sebanyak 3,7 ton dari luas lahan 15 Rante Jenis padi Inpari 30.

 

Dalam kegiatan untuk mensukseskan program pemerintah mewujudkan swasembada pangan, Babinsa turun langsung ke sawah-sawah untuk membantu petani monitoring perkembangan tanaman di wilayah.