Korem 022/PT
Panglima TNI
Menu

Babinsa Serda R. Manik Melaksanakan Membantu Pencabutan Bibit Padi

 

 

Penrem 022/PT.

Koramil 16/Binjai Utara. Babinsa Kelurahan Damai Kecamatan Binjai Utara Serda R. Manik, melaksanakan pendampingan pada petani membantu pencabutan bibit padi di lahan milik M.Iksan Kegiatan tersebut dalam rangka ketahanan pangan Wilayah Koramil 16/Binjai Utara, Nama Pemilik M. Ikhsan kelompok tani Cipta Karya Ketua kelompok tani M. Iksan PPL Fitri, Jumat (06/10/2017).

 

Di sela-sela pencabutan bibit padi, Babinsa Serda R. Manik juga memberikan wawasan kepada petani. Menurutnya, perolehan bibit padi pada persemaian tergantung dari lahan yang disiapkan untuk persemaian, bibit padi dan proses yang dilakukan pada waktu persemaian bibit. “Pemilihan tempat persemaian padi, pilih lokasi pada hamparan sawah yang mudah untuk melakukan pemeliharaan, selanjutnya proses pengolahan dapat dengan cara dibajak atau dicangkul kira-kira sedalam 20 cm,” katanya.

 

Sesudah tanah diolah, jelas Babinsa, lalu dibuatkan bedengan setinggi 5-10 cm dengan lebar bedengan 100-150 cm, dan panjangnya disesuaikan dengan kebutuhan atau kondisi lahan jangan lupa antara bedengan dibuat saluran. Selain itu, lanjutnya, persemaian hendaknya terkena sinar matahari langsung, akan tetapi tidak dekat dengan sinar lampu yang akan dapat mengundang serangga pada malam hari. “Menjelang lima hari setelah tabur benih, persemaian harus diairi setinggi kira-kira 1 cm selama 2 hari. Setelah itu, persemaian diairi terus-menerus setinggi kira-kira 5 cm. Bibit yang kita semaikan itu baru bisa dipindahkan atau ditanam ke petak persawahan setelah berumur 10-25 hari,” Serda R. Manik menjelaskan.

 

Namun, sebelum bibit dicabut, lahan persemaian perlu digenangi air selama 1 hari antara 2-5 cm, agar tanah menjadi lunak sehingga bibit tidak rusak saat dicabut atau dipindahkan ke lapangan. Walaupun ada yang rusak, bibit yang rusak tersebut bisa ditekan sedikit mungkin. Pada kesempatan itu para petani mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa Kelurahan Damai Kecamatan Binjai Utara Serda R. Manik yang telah ikut serta melaksanakan pencabutan bibit padi milik M.Iksan. “Hal ini tentunya wujud nyata yang sudah di perbuat oleh Babinsa dalam melaksanakan tugasnya di bidang Teritorial dalam mewujudkan kedekatannya dengan masyarakat dan dalam mencapai target swasembada pangan,” timpalnya.