Korem 022/PT
Panglima TNI
Menu

Olah Lahan Sawah Didampingi Koptu Supris

 

 

Penrem 022/PT.

Pengolahan tanah sawah dalam usaha budidaya padi bertujuan untuk menciptakan keadaan tanah olah yang siap tanam baik secara fisis, kimia, maupun biologis sehingga tanaman yang dibudidayakan akan tumbuh dengan baik. Agar memberikan hasil maksimal, lahan sawah harus diolah secara baik. Pengolahan lahan yang baik sebelum padi ditanami adalah salah satu kunci utama dari keberhasilan panen. Pengolahan lahan untuk tanaman padi sangat penting untuk diperhatikan. Karena lahan sawah merupakan tempat mengambil cadangan hara yang dibutuhkan tanaman padi. Oleh karena itu, pertumbuhan tanaman padi di antaranya akan dipengaruhi oleh sejauh mana proses pengolahan yang dilakukan sebelum ditanami, ungkap Danramil 01/Medang Deras Kapten Inf Asnan Rangkuti, Jumat (17/11/2017).

 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh babinsa di Desa Pakam Raya Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara milik anggota Kelompok Tani Mandiri Bapak Narto dengan luas lahan 13 rante, kegiatan ini dilaksanakan bersama PPL Saudara Hendra, adapun kegiatan ini terlaksana dalam rangka percepatan tanam dan memberikan contoh dan mempelopori para petani di desa binaanya agar percepatan tanam kembali dapat dilakukan dengan baik dan cepat untuk mendukung program ketahanan pangan.

 

Menurut Bapak Narto, seandainya percepatan tanam dapat dilakukan di setiap tahunnya, produksi padi yang dihasilkan oleh para petani di desa kami dipastikan akan meningkat tajam. Hal ini dikarenakan musim tanam dan panen dapat berjalan secara bersamaan dan sawah di desa kami tidak sempat terbengkali pasca panen ujarnya.

 

Sementara itu Babinsa Koramil 01/Medang Deras Koptu Supris mengatakan, sangat senang sekali bisa membantu para petani dalam membajak sawahnya, hal ini kami lakukan demi kemajuan pertanian di desa binannya agar hasil produksi padi meningkat sehingga program ketahanan pangan dapat sukses dan berjalan sesuai rencana yang telah diprogramkan oleh pemerintah.