Korem 022/PT
Panglima TNI
Menu

Curah Hujan Deras Mengakibatkan Banjir Babinsa Koramil 13/Tebing Tinggi Evakuasi Korban

 

 

Penrem 022/PT.

Beberapa daerah di Kabupaten Serdang Bedagai Terkena Banjir akibat curah hujan yang cukup deras selama beberapa hari terakhir ini, seperti di Wilayah Kota Tebing Tinggi, debit air meluap melewati batas tanggul sungai dengan batas pemukiman warga sehingga air masuk ke ruas jalan sudirman dan kepemukiman warga kota Tebing tinggi yaitu terdapat di Kelurahan Bandar utama, Kelurahan Sripadang, Kelurahan badak bejuang dan Kelurahan Bandar sakti, Sabtu (02/12/2017).

 

Curah hujan yg tinggi ini mengakibatkan tergenangnya beberapa lokasi akibat dari sungai yang meluap. Seperti yang terjadi di beberapa Kelurahan yang ada di Kota Tebing Tinggi, sampai hari ini masih tergenang air. Genangan masih merendam tepian jembatan dengan ketinggian air mencapai sekitar 120 centi meter sehingga akses menuju ke kelurahan tersebut sempat terputus.

 

Danramil 13/Tebing Tinggi Kapten Inf P.M Simanjuntak mengerahkan personelnya (Babinsa) terus berupaya melakukan alternatif dalam memberikan akses ke lokasi untuk perbantuan tim tanggap bencana alam dalam memberikan pertolongan kepada warga dan dorongan sembako serta mengevakuasi dari sector yang terkena banjir ketempat pemukiman yang sudah disiapkan.

 

Sejumlah anggota Koramil 13/Tebing Tinggi melakukan evakuasi terhadap warga untuk dikeluarkan dari kelurahan tersebut, baik dengan menggunakan speedboat, sampan maupun terjun langsung secara perorangan. Kapten Inf P.M Simanjuntak menghimbau kepada masyarakat agar mencari tempat yang lebih aman dan untuk tidak bertahan bila banjir makin besar. “Saya himbau kepada masyarakat di sini supaya selama banjir ini mencari tempat yang lebih aman dan lebih baik mengungsi ke family terdekat ,” ungkap Danramil yang berada dilokasi banjir yang berdekatan langsung dengan Bandaran Sungai Padang.

 

Dari pelaksanaan monitor di lokasi bahwa ketinggian debit air saat ini diperkirakan mencapai 120 Cm (sepinggang orang dewasa), Pihak kelurahan, babinsa dan babinkamtimas telah turun kelapangan untuk membantu warga yang terkena musibah. Dari hasil pendataan sementara perumahan warga yg terkena dampak banjir sbb: Kel Bandar utama sekitar 600 KK, Kel Badak bejuang sekitar 500 KK, Kel Sri padang sekitar 200 KK dan Kel Bandar sakti sekitar 250 KK. Sampai saat ini sedang dilaksanakan evakuasi dan pengungsian yang diarahkan ke Barak Koramil 13/Tebing Tinggi.