Korem 022/PT
Panglima TNI
Menu

BABINSA DAMPINGI PETANI TANAM PADI DI BILAH HILIR

 

 

Penrem 022/PT.

Dalam rangka menyukseskan swasembada pangan khususnya padi berbagai macam upaya dan cara dilakukan.   Kegiatan tersebut dengan melibatkan semua komponen seperti dinas pertanian dan perikanan, Koramil 09/Negeri Lama, Babinsa dan Poktan tidak ketinggalan.  Salah satu yang dilakukan adalah penerapan sistem tanam padi jajar legowo.  Sistim ini sudah terbukti dapat meningkatkan hasil padi.

 

Hanya saja saat ini yang menjadi kendala adalah para petani masih belum menerima dengan pola tersebut.  Mereka masih merasa sayang bila ada lahan yang tidak ditanami.  Mereka masih memegang tradisi lama dan sudah mendarah daging sehingga merubah pola  tersebut sangat sulit.

 

Untuk itu berbagi kegiatan sosialisasi penerapan sistem jajar legowo salah satu dengan gerakan menanam  jajar legowo, Babinsa Koramil 09/Negeri Lama Serma Herdianto, langsung turun ke sawah menanam padi bersama  kelompok Tani “Tulodo” Desa Tanjung Haloban Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhan Batu. Kamis (11/01/2018).

 

Serma Herdianto menyampaikan bahwa program swasembada pangan merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh bangsa Indonesia tanpa memandang suku, ras, agama, pendidikan maupun pekerjaan.  Setiap orang bisa berpartisipasi sesuai bidang masing-masing.  Khusus para Babinsa diawal tahun ini sebagai gebrakan untuk lebih giat lagi mendampingi para petani dalam menyukseskan system tanam padi jajar legowo.

 

Harapan dari system tersebut adalah untuk meningkatkan hasil produksi.  Karena untuk wilayah Bilah Hilir sudah tidak bisa lagi untuk menambah lahan pertanian, malah yang ada banyak lahan pertanian yang beralih fungsi menjadi kebutuhan yang lain seperti berubah menjadi tanaman kelapa sawit atau yang lainnya bahkan berubah menjadi perumahan maupun industri.  Untuk itu agar produksi bisa tercapai dari target yang telah ditentukan maka salah satu langkah yang harus ditempuh adalah dengan menerapkan sistem yang baik sesuai arahan dari dinas pertanian.