Korem 022/PT
Panglima TNI
Menu

KASDIM 0209/LB IKUT PANEN RAYA DI DESA SELAT BESAR

 

 

Penrem 022/PT

 

Bertempat di Desa Selat Besar Kec. Bilah Hilir  Kab. Labuhanbatu, Kepala Staff Kodim 0209/LB mewakili Dandim 0209/LB melaksanakan panen perdana tanaman padi di lahan seluas 20 Hektar bersama anggota Koramil 02/TL dan Kelompok Tani Sipirok.

 

Turut hadir dalam Panen Perdana tersebut diantaranya Kasdistan Labuhanbatu, 2. Kasdim 0209/LB, Kapolsek Bilah Hilir, Camat Bilah Hilir, Kades Selat Besar, Ketua Gapoktan Sipirok, PP, IPK, FKPPI, Koord PPL, Sekcam Bilah Hilir,  Masyarakat Desa Selat Besar. Senin (12/02/2018)

 

Dari 20 Ha target lahan sawah yang dibuka, para petani dibantu pendampingan Babinsa telah menggarap lahan seluas 20 Hektar dengan tanaman padi jenis Ciherang, dan dari panen perdana tersebut, padi yang dipanen oleh kelompok petani seluas 5 Hektar dan sisanya 36 Ha tinggal menunggu waktu beberapa minggu kedepan untuk panen berikutnya.

 

Hal tersebut diungkapkan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kabupaten Labuhan Batu dalam arahanya melalui kegiatan Doa dan Syukur sebelum dilaksanakannya acara panen perdana. Panen raya tanaman Padi pada program percepatan Swasembada Pangan Tahun 2018 di Desa Selat Besar, Kabupaten Labuhan Batu merupakan panen yang pertama kali dilaksanakan ”ujarnya”.

 

Sementara itu Dandim 0209/LB yang diwakili oleh Kasdim 0209/LB Mayor Inf Ertiko Cholifa mengatakan bahwa, selama ini produksi Padi di wilayah jajaran Kodim 0209/LB hanya mengandalkan dari wilayah Kabupaten Labuhan Batu.

 

Namun saat ini petani Desa Selat Besar telah membuktikan keberhasilan Swasembada Pangan dengan hasil Panen yang maksimal melalui panen perdana yang dilaksanakan pada hari ini. Meskipun dilapangan banyak ditemui hambatan yang dikarenakan faktor Infra struktur pengairan yang tidak memadai serta sarana pertanian yang ada, para kelompok petani dibantu Babinsa berupaya mengatasi setiap hambatan dengan semangat dan motivasi yang tinggi untuk mewujudkan Swasembada Pangan di Desa Selat Besar. Kasdimpun mengharapkan kedepan, agar Desa Selat Besar dapat menjadi sumber pangan di wilayah Labuhan Batu dan tidak harus bergantung pada produksi padi dari wilayah lain.

 

Dalam kegiatan panen perdana tersebut, dilaksanakan pula pengarahan kepada Para kelompok Tani oleh Kasdistan Labuhanbatu dan Pasiter Kodim 0209/LB. Kasdistan Labuhanbatu mengatakan bahwa panen perdana padi di wilayah Labuhanbatu ini baru pertama kali menghasilkan padi yang maksimal dan diperkirakan mencapai 100 Ton padi dari 20 Ha yang dipanen saat ini, dan semua ini merupakan keberhasilan Kelompok tani dan Babinsa untuk menjadikan Desa Selat Besar sebagai lumbung padi di wilayah Kabupaten Labuhanbatu.

 

Demikian pula halnya dengan Pasiter Kodim 0209/LB mengatakan bahwa Kodim 0209/LB telah menyiapkan sarana peralatan pertanian melalui Brigade Alsintan dukungan Kementan Pertanian RI yang bekerja sama dengan Panglima TNI dalam rangka mensukseskan Swasembada Pangan di Wilayah Sumatera Utara khususnya di Kabupaten Labuhanbatu. Kodim 0209/LB melalui Babinsanya telah diberikan pelatihan yang terprogram dalam mengoperasionalkan alat Hand Traktor untuk mendukung para Kelompok Tani, sehingga diharapkan dapat membantu pengolahan lahan menjadi lahan siap tanam ”katanya”.

 

Dengan panen perdana tanaman Padi di wilayah Labuhanbatu ini, diharapkan para petani di Desa Selat Besar agar terus bekerja dengan baik, sehingga apa yang ditanam dapat berhasil seperti yang kita saksikan hari ini. Selain itu juga, ia mengharapkan kepada seluruh Babinsa yang ada di wilayah Labuhanbatu agar selalu turun ke lapangan bersama para petani sesuai dengan sektor tugas dan tanggung jawab masing-masing, apalagi program Swasembada Pangan ini adalah merupakan tugas pokok satuan Komando Kewilayahan. ”pungkasnya”.