Korem 022/PT
Panglima TNI
Menu

TEHNIK MENANAM PADI AGAR HASIL PANEN MELIMPAH UNGKAP BABINSA RAMIL 06/LP

Penrem 022/PT.

 

Serda Djunaidi Babinsa Koramil 06/LP jajaran Kodim 0204/Deliserdang, melaksanakan pendampingan menanam padi di sawah milik Ibu Samirah, Kelompok Tani Taruna Jaya di Desa Suka Mandi Hulu Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (19/05/2018).

 

Serda Djunaidi menjelaskan kepada para petani sebelum melaksanakan kegiatannya yaitu membantu petani dalam penanaman padi tahap II. Didalam penjelasnnya Serda Juanidi menjelaskan bagiamana cara yang baik dan benar sesuai dengan pentahapan dari  persiapan lahan beres maka bibit pun siap ditanam. Bibit dianjurkan untuk ditanam semuda mungkin, biasanya dipindah saat umur 20 hari. Bibit ditanam cukup satu bibit  per lubang tanam, dengan posisi tegak dan apabila petani masih belum terbiasa dengan menanam satu bibit, pada tahap awal dapat menanam 2-3 bibit per lubang tanam, dengan kedalaman tanam cukup 2 cm, karena jika kurang dari 2 cm bibit akan gampang hanyut. Pengaturan jarak tanam dilakukan dengan caplak, Jarak tanam padi model tegel biasanya 20 cm x 20 cm atau 25 cm x 25 cm. Model sistem tanam jajar legowo juga sudah banyak diterapkan yaitu legowo 2 : 1 (40 x 20 x 10 cm) adalah cara tanam berselang seling 2 baris dan 1 bari kosong. Jarak antar baris tanaman yang dikosongkan di sebut satu unit.

 

Dengan adanya program upsus  pertanian ini, seluruh petani didorong untuk dapat meningkatkan hasil panen yang lebih baik. Karena program ini, mengajak masyarakat petani untuk memandirikan bangsa indonesia. Sehingga bangsa kita tidak akan mengimpor beras dari negara luar, bahkan bangsa kita dapat mengekspor beras keluar negeri,” terang Juanidi.

 

Kehadiran Babinsa ke sawah sudah tidak asing lagi bagi para petani, karena Babinsa mau terjun langsung membantu para petani dalam mengolah sawah sampai panen. Selain itu, Babinsa juga dilibatkan untuk  mengawasi pupuk bersubsidi yang  diberikan pemerintah untuk para petani.