Korem 022/PT
Panglima TNI
Menu

BABINSA 14/DMR DAMPING PETANI BERSIHKANAN LAHAN JAGUNG

 

Penrem 022/PT.

 

Babinsa Koramil 14/DMR jajaran Kodim 0204/Deliserdang melaksanakan kegiatan dalam rangka upsus swasembada pangan dengan pendampingan kepada petani milik bapak Sarman yang tergabung kedalam Kelompok Tani mekar sari untuk membersihkan dan perawatan lahan jagung di  Afdiling 6 Dolok Merawan Kecamatan Dolok merawan Kabupaten  Serdang Berdagai, Sabtu (19/05/2018)

 

Danramil 14/DMR, Kapten Inf Jaswadi mengatakan, pedampingan Babinsa terhadap kelompok tani tersebut bertujuan untuk membantu para petani dalam melakukan penanaman yang sesuai perintah dari Dandim 0204/DS Letkol Inf Asep Hendra Budiana.

 

Kapten Inf Jaswadi mengatakan, para Babinsa sebelumnya terlebih dahulu mendapatkan pembekalan tentang pertanian dari Dinas Pertanian dan Perkebunan. “Hal ini bertujuan agar para Babinsa dalam melaksanakan program ketahanan pangan nasional dapat memberikan arahan tentang cara bercocok tanam dengan baik, maupun turun langsung ke lapangan melaksanakan penanaman dan perawatan tanaman bersama warga di wilayah desa binaannya” ungkapnya.

 

Serda Iswadi  selaku Babinsa 14/DMR menjelaskan bagaimana cara merawat jagung dengan baik sehingga hasil panen yang sangat memuaskan. Kondisi yang paling sesuai untuk menanam jagung pada kondisi tanah sedang lembab, tidak terlalu becek dan tidak terlalu kering. Biasanya petani lokal menggunakan jarak tanam antara 100 cm x 40 cm dan berikan 2 biji pada satu lubang tanam. Untuk kedalaman lubang tanamnya anda bisa menggunakan 3 – 5 cm. Beberapa bagian yang pertama akan kita berikan pada pemupukan tanaman jagung yaitu pupuk dasar, biasanya pupuk dasar yang diberikan berjenis pupuk organik seperti pupuk kandang, pupuk kompos dan jenis pupuk organik lainnya. Kemudian tanaman jagung anda akan menyerap beberapa unsur yang dibutuhkan untuk mereka tumbuh besar, unsur ini seperti fosfor, nitrogen dan kalium yang banyak dibutuhkan pada fase pertumbuhan dan nanti ketika pada masa pembuahan

 

Ia menambahkan kegiatan ketahanan pangan bertujuan untuk kemajuan di daerah ini sehingga otomatis perekonomian akan terangkat dan kesejahteraan masyarakat akan muncul. Kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar sama-sama mendukung kegiatan tersebut demi kemajuan bersama di daerah ini.